EntertainmentKonsumenLifestyle

6 Tips Ampuh Jika Ingin Mulai Menabung

×

6 Tips Ampuh Jika Ingin Mulai Menabung

Sebarkan artikel ini
Menabung bukan sekedar kebutuhan, tetapi keharusan. Foto: internet

PADANG – Sebagian besar orang mungkin sulit menyisihkan uangnya untuk mulai menabung. Banyak orang merasa menabung itu hal yang sangat sulit dilakukan karena pengeluaran yang banyak. Sebenarnya ada tips yang ampuh jika kita ingin mulai menabung.

Tabungan sangat berguna untuk masa depan dan keperluan yang mendesak. Untuk itu, kita memang harus menerapkan hidup berhemat dan mulai menabung sedini mungkin.

Ingin tau apa saja tipsnya? Yuk simak beberapa tips untuk memulai menabung!

1. Tetapkan niat yang kuat

Yang utama memanglah niat! Tekadkan niat dalam hati untuk menabung dan mulai memikirkan kesenangan yang kita dapatkan jika kita menabung. Tak ada ruginya untuk menabung sedini mungkin. Untuk itu, pasanglah niat yang kuat untuk menabung.

2. Tentukan tujuan menabung

Tips yang satu ini penting untuk menentukan tujuan atau menabung yang jelas. Jika kita mempunyai tujuan yang akan dicapai, motivasi untuk membiasakan diri dalam menabung pun tumbuh. Pikirkan tujuan menabung yang akan memudahkan hidup di masa depan. Tak hanya itu, kepentingan mendesak juga termasuk kemudahan yang didapatkan.

3. Catat pengeluaran 

Kita bisa memulai dengan mencatat pengeluaran dari belanja bulanan, dan harian (pengeluaran yang kecil harus dicatat juga ya!). Semua pengeluaran harus terpantau dan selalu sediakan catatan kecil untuk pengeluaran Anda.

4. Tentukan prioritas uang

Di kehidupan yang kita jalani, tentu setiap orang mempunyai prioritas keuangan. Dari target yang sudah ada, kita juga bisa menentukan prioritas kemana uang akan dialihkan. Misalnya, untuk kebutuhan sekolah yang akan dipakai dalam waktu dekat atau membeli mobil baru dalam waktu yang lama.

5. Tempatkan uang tabungan Anda

Penempatan uang tabungan juga sangat menentukan. Untuk jangka pendek, jangan tempatkan uang ke investasi yang lama dicairkan. Kita bisa menempatkan uang anda ke tabungan bank yang bisa diambil setiap saat. Tetapi, kita harus konsisten dan jangan tergiur untuk mengambil uang di tabungan.

6. Wajib berhemat

Berhemat adalah salah satu Langkah jitu untuk mengurangi pengeluaran Anda. Potong pengeluaran hiburan yang tidak berguna, seperti: sering menonton di bioskop, membeli video game, dan lainnya. Tak hanya itu, tips jitu lainnya, kita bisa mendapatkan diskon untuk membeli kebutuhan pokok dengan membeli dalam jumlah banyak. Eits! Jangan lupakan, hanya kebutuhan pokok ya. KIta bisa membeli sabun mandi, pasta gigi, atau pun telur untuk distok.

Itu step-by-step dalam menabung untuk masa depan. Tunggu apalagi? Mencoba menabung dari sekarang bukanlah hal yang salahkan?

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.