EnergiIndustriNews

PLN Pulihkan Kelistrikan Pelanggan Pasca Gempa Mentawai

×

PLN Pulihkan Kelistrikan Pelanggan Pasca Gempa Mentawai

Sebarkan artikel ini
Foto: Bisnis

PLN (Persero) berhasil memulihkan kelistrikan sekitar 89.158 pelanggan yang terdampak gempa bermagnitudo 7,3 SR di Kepulauan Mentawai dan sekitarnya.

Pada Selasa, 25 Aril 2023 jam 03.00 WIB, gempa tersebut terjadi dan kelistrikan Sumatra Barat (Sumbar) berhasil pulih 100 persen pada pukul 04.52 WIB atau kurang dari 2 jam pascagempa. Sedangkan untuk Sumatra Utara (Sumut) berhasil dipulihkan 100 persen pada pukul 08.50 WIB.

Menurut Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, setelah terjadi gempa, puluhan petugas PLN langsung mengecek kondisi infrastruktur kelistrikan di wilayah terdampak gempa.

“Tim PLN di lokasi luar biasa, sesaat setelah kejadian mereka langsung memetakan dan melakukan pemulihan. Sehingga kurang dari 2 jam, sebelum jam 05.00 pagi, seluruh pelanggan di Sumbar sudah berhasil dinormalkan. Dan pada jam 08.45, seluruh sistem di Sumut juga berhasil dinormalkan,” ucap Darmawan.

Meskipun telah normal, Darmawan tetap menginstruksikan seluruh petugas PLN yang wilayahnya terdampak gempa tetap bersiaga dan menjalin sinergi untuk menjaga keandalan listrik. Seluruh tim tetap bergerak untuk memastikan tidak ada kerusakan lebih besar di pembangkit, jaringan transmisi, maupun jaringan distribusi.

Eric Rossi Priyo Nugroho, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat menjelaskan bahwa seluruh petugas masih terus bersiaga di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan.

“Saat ini, fokus kami adalah mengamankan jaringan kelistrikan jika terjadi gempa susulan. Kami juga terus bersinergi dengan pemerintah daerah, TNI-Polri serta stakeholder terkait,” ujar Eric.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Warga Padang mengaspirasikan pemenuhan kebutuhan dasar yang murah dan gratis. FA-MN unggul dalam jajak pendapat sebagai calon yang dipercaya dapat mewujudkan aspirasi tersebut. FA-MN berkomitmen menggratiskan layanan kesehatan, sejalan dengan latar belakang keluarga pendidikan mereka.

News

Pemanasan politik Pilgub Sumbar semakin memanas dengan munculnya baliho Wagub Audy Joinaldy yang menyatakan kesiapannya sebagai Calon Gubernur Sumbar. Meskipun belum mengantongi SK rekomendasi partai, Audy disebut-sebut akan berpasangan dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska atau mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar.