EnergiIndustri

Pertamina Gandeng Mitra Global Perkuat Angkutan LPG

×

Pertamina Gandeng Mitra Global Perkuat Angkutan LPG

Sebarkan artikel ini

Istanbul – Pertamina International Shipping (PIS) menjalin kerja sama dengan B International Shipping and Logistic DMMC (B Shipping) untuk membeli dan mengelola kapal Liquified Petroleum Gas (LPG).

Kerja sama selama dua tahun ini meliputi studi kelayakan pembelian kapal dan pengelolaan carter ke BGN, induk usaha B Shipping yang juga perusahaan perdagangan LPG dan komoditas global.

“Kerja sama ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN untuk meningkatkan nilai aset PIS,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi. “Kami mendorong sinergi dengan mitra strategis untuk meremajakan armada dalam distribusi energi ke seluruh negeri.”

Sebelumnya, PIS telah berkolaborasi dengan BGN dalam pengadaan kapal Tulip dan Bergenia pada Januari 2024. Kerja sama ini bertujuan untuk menguatkan posisi PIS sebagai pengangkut LPG terbesar di Asia Tenggara.

Saat ini, kerja sama dengan B Shipping mengeksplorasi peluang dalam transportasi LPG. “Kami akan mempertimbangkan akuisisi, carter kapal, hingga manajemen kapal,” jelas Yoki.

Selain itu, kerja sama ini juga mengeksplorasi kemitraan dalam era transisi energi, termasuk pengangkutan petrokimia.

“Dengan kerja sama ini, kami optimis dapat memperkuat posisi PIS di pasar global,” pungkas Yoki.

CEO B Shipping Emin Imanov juga menyambut baik kemitraan strategis ini. “Kami yakin masih akan banyak kerja sama di masa yang akan datang.”

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

Industri

Penjualan mobil di Indonesia turun 21% pada Mei 2024. Gaikindo merevisi target penjualan dan mengusulkan solusi jangka pendek dan panjang untuk mengatasi jebakan pasar mobil domestik 1 juta unit

Industri

Kota Padang menunjukkan komitmennya terhadap investasi dengan mempermudah perizinan usaha. Tim Satgas khusus melayani investor, didukung layanan one stop service dan branding “Clean and Clear”. Investasi diharapkan meningkatkan perekonomian, menambah PAD, dan membuka lapangan kerja.