LifestyleUKM

5 Rahasia Sukses dalam Mengelola Keuangan Bisnis Kamu

×

5 Rahasia Sukses dalam Mengelola Keuangan Bisnis Kamu

Sebarkan artikel ini
Foto : Internet

SUMBARBISNIS – Gimana sih cara kita mengatur pengelolaan keuangan dalam suatu perusahaan agar dapat terus berkembang dan berjalan dengan baik hingga mendapatkan uangnya.

Tentunya suatu perusahaan harus bisa menjaga Profitable dari pengelolaan keuangan dengan baik, agar tetap stabil dan berjalan mulus.

Anda juga harus paham pentingnya mengatur arus kas tetap berjalan lancar. Berikut dipaparkan beberapa tips mengoptimalkan keuangan dalam perusahan  yang dapat  anda gunakan secara cermat agar bisnis Anda dapat sukses, sekaligus juga menghindari kerugian akibat tidak cermat dalam mengelola keuangan.

Simak tips mengoptimalkan pengelolaan keuangan dalam perusahaan berikut ini ya.

1. Membuat Persentase Bisnis

Hal utama yang anda harus perhatikan dalam mengelola keuangan dengan baik dengan menentukan berapa persen uang yang dialokasikan untuk operasional bisnis.maka dengan ini anda akan mudah untuk mendapatkan peluang dalam mendapatkan laba yang baik. Menentukan persentase ini dapat lebih mudah mengelola keuangan sesuai apa yang usdah anda planning dalam bisnis anda dari awal.

2. Mengurangi Kebiasaan Hutang

Berhutang merupakan cara dari sebagian perusahaan untuk mengembangkan usaha nya menjadi lancar dan mulus. Cara ini diperbolehkan namun lebih baiknya dikurangi  agar bisa mengurangi resiko yang akan terjadi nantinya pada bisnis anda. Sebagai pembisnis, harus berhati-hati terhadap utang. Keadaan akan buruk jika beban cicilan terhadap utang yang digunakan nantinya  dalam kondisi keuangan kurang baik

3. Mengelola Uang Keluar dan Masuk

Sebelumnya sudah dikatakan bahwa untuk mendapatkan bisnis dengan mulus dan lancar maka anda harus pandai dalam mengelola arus keuangan kas. Dalam sebuah bisnis tentunya perusahaan pasti menggunakan dana untuk menjalankan pengembangan bisnis diperusahaan nya agar bisnis tetap berjalan dengan baik. Jika suatu perusahaan menerima pemasukan yang banyak namun sebagian dari itu berbentuk dengan piutang maka lama-kelamaan operasional dalam bisnis itu akan buruk dan mengalami permasalahan. Nah, karena itu tadilah dikatakan mengapa penting nya untuk mengelola arus kas keuangan dalam sebuah bisnis. Dalam mengelola keuangan itu harus sesuai dengan nota yang didapatkan, seperti pembelian ataupun nota pengeluaran lainnya. Jika sudah maka, kita akan membuat neraca keuangan maka neraca tersebut lah, Anda dapat tau seberapa baik keuangan di dalam perusahaan. Apabila uang pengeluaran dan pemasukan sudah lancar, dan anda tetap harus melakukan monitoring.

4, Sisihkan Pendapatan Perusahaan Untuk Pengembangan Usaha

Pada poin no 4 ini, bukan berarti Anda tidak dapat menikmati hasil keuntungan yang didapat dari bisnis Anda, alangkah bijaknya jika Anda dapat mengelola dana keuntungan tersebut untuk menjadi dana pengembangan usaha. Salah satu tugas penting manajemen keuangan daerah menjaga bisnisnya untuk terus tumbuh dan berkembang. Jika suatu bisnis berkembang dengan mulus, maka semakin besar pendapatan yang akan kita terima.  Maka dari itu, kita harus menyisihkan beberapa pendapatan untuk mengembangkan usaha.

5. Pemahaaman Konsep Akuntansi Dalam Bisnis

Pemahaman Akuntansi dalam perbinisan dalam perusahaan merupakan suatu hal yang penting. dengan memahami Akuntansi ini bisa diharapkan bisnis yang dimilki mempunyai pengelolaan uang yang baik. Maka dari itu, kita sebagai pebisnis harus memerlukan seseorang yang memahami ilmu dan prinsip dasar Akuntasi atau orang yang benar-benar Ahli dalam bidang ini.

So, sudah siap untuk memulai usahamu, bisnispeople ??

Devina Dermawan

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.