Jasa KeuanganKonsumenNewsPerbankan

BI Sumbar Catat 45,15% Uang Baru Terserap di Awal Ramadan dan Idul Fitri

×

BI Sumbar Catat 45,15% Uang Baru Terserap di Awal Ramadan dan Idul Fitri

Sebarkan artikel ini
Foto: Internet

Padang – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumatra Barat (Sumbar) mengumumkan bahwa hanya sekitar 45,15 % dari total uang baru senilai Rp 3,12 triliun yang telah disiapkan untuk Kick Off Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023 yang telah terserap di provinsi.

Menurut Kepala BI Perwakilan Sumatra Barat, Endang Kurnia Saputra, sekitar Rp 1,4 triliun dari Rp 3,12 triliun yang disiapkan baru saja terserap.

“Jumlah ini normal saja dan memang kita terus buka pelayanan penukaran uang langsung kepada masyarakat melalui kas keliling yang telah disediakan,” katanya, Kamis, 13 April 2023.

Endang juga mengungkapkan bahwa sejauh ini, realisasi penyerapan uang melalui penarikan di bank telah mencapai Rp 1.35 triliun, penukaran uang sebesar Rp 21.75 Miliar, dan melalui kas keliling sebesar Rp 34.2 Miliar.

Pecahan uang Rp 5 ribu menjadi pecahan uang yang paling banyak dicari oleh masyarakat Sumbar.

Untuk memastikan uang baru tersebut dapat ditukarkan kepada masyarakat, BI Sumatra Barat juga telah berkolaborasi dengan perbankan dalam mendistribusikan uang baru tersebut.

Endang menambahkan bahwa BI Sumatra Barat juga menyediakan kas keliling yang turun ke pasar-pasar di Kota Padang, Bukittinggi, dan Payakumbuh.

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan penukaran uang baru tersebut, BI Sumatra Barat akan melakukan layanan kas keliling bersama dalam kota sebanyak 20 kali dan penukaran bersama bank dalam kota di BI Muaro sebanyak empat kali selama Ramadhan 2023.

Selain itu, Endang juga mengharapkan masyarakat dapat memesan penukaran uang baru melalui aplikasi BI PINTAR sebelum menggunakan layanan penukaran di kas keliling.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Warga Padang mengaspirasikan pemenuhan kebutuhan dasar yang murah dan gratis. FA-MN unggul dalam jajak pendapat sebagai calon yang dipercaya dapat mewujudkan aspirasi tersebut. FA-MN berkomitmen menggratiskan layanan kesehatan, sejalan dengan latar belakang keluarga pendidikan mereka.

News

Pemanasan politik Pilgub Sumbar semakin memanas dengan munculnya baliho Wagub Audy Joinaldy yang menyatakan kesiapannya sebagai Calon Gubernur Sumbar. Meskipun belum mengantongi SK rekomendasi partai, Audy disebut-sebut akan berpasangan dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska atau mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar.