NewsPerbankanRegulasi

Kemenhub Ambil Alih Pelabuhan Teluk Bungus Padang

×

Kemenhub Ambil Alih Pelabuhan Teluk Bungus Padang

Sebarkan artikel ini
Foto : padangkita

PADANG – Pelabuhan Teluk Bungus, Kota Padang, Sumatra Barat, telah diserahkannya status pengelolaan nya dari Pemerintah Kota Padang ke Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah III Sumbar, Deny Kusdayana, mengatakan, status peralihan aset dan pengelolaan ke Dirjen Perhubungan Darat terhitung 1 Januari 2021.

Karena peralihan aset ini Dirjen Perhubungan Darat akan berupaya meningkatkan infrastruktur atau aset di pelabuhan untuk menciptakan suasana aman dan layanan yang prima.

Peralihan stutus dermaga ini karena selama ini Pemko Kota Padang tidak memiliki dana yang cukup untuk mengelola pelabuhan, karna memang ini membutuhkan anggan yang cukup besar.

Menurut dia sejatinya Pelabuhan Teluk Bungus tersebut berada di bawah kewenangan provinsi. Namun, selama ini dikelola Pemko Padang.

“Jadi sebelumnya Pemko Padang sudah menyerahkan pada provinsi, dan selanjutnya provinsi juga menyerahkan kepada Kementerian Perhubungan,” tambahnya dikutip dari bisnis.com.

Deny menjelaskan untuk meningkatkan pelayanan Pelabuhan Teluk Bungus nantinya, maka Kementerian Perhubungan akan membangun Dermaga 2 di Pelabuhan Teluk Bungus .

Diharapkan dengan dibangunnya dermaga baru tersebut, dapat membuat aktivitas di pelabuhan bisa berjalan lebih lancar dan aman. Sehingga bisa dimanfaatkan kapal dengan kapasitas 500 gross ton (GT) untuk sandar, selama ini maksimal hanya 30 GT.

Ia juga mengakui bahwa masih ada kendaraan over kapasitas yang masih masuk. Seperti adanya batasan kendaraan yang bermuatan golongan 5, tapi golongan 8 masih masih tetap lewat. Dan penambahan Dermaga ini dapat mengantisipasi hal tersebut, karena dengan dua dermaga diharapkan semuanya dapat menyebrang ke Mentawai.

Untuk anggarannya sendiri Dermaga 1 akan menghabiskan Rp 5 miliar untuk peningkatan dermaga. sedangkan Dermaga 2 ada sebanyak Rp 25 miliar yang diperkirakan bakal tuntas di tahun 2021 ini.

Dengan adanya hal tersebut, Dirjen Perhubungan Darat turun mewujudkan Nawacita yakni mendorong pertumbuhan perekonomian bagi daerah pulau terluar.

Diketahui Pelabuhan Teluk Bungus melayani rute Padang-Siberut, Padang-Tua Pejat, Padang-Sikabaluan dan Padang-Sikakap. Rute itu dilayani oleh armada Kapal Penumpang Gambolo dan Ambu-ambu.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Warga Padang mengaspirasikan pemenuhan kebutuhan dasar yang murah dan gratis. FA-MN unggul dalam jajak pendapat sebagai calon yang dipercaya dapat mewujudkan aspirasi tersebut. FA-MN berkomitmen menggratiskan layanan kesehatan, sejalan dengan latar belakang keluarga pendidikan mereka.

News

Pemanasan politik Pilgub Sumbar semakin memanas dengan munculnya baliho Wagub Audy Joinaldy yang menyatakan kesiapannya sebagai Calon Gubernur Sumbar. Meskipun belum mengantongi SK rekomendasi partai, Audy disebut-sebut akan berpasangan dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska atau mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar.