Pemkab Tanah Datar Cairkan BLT Pelaku UMKM Tahap Satu

  • Whatsapp

Batusangkar – Sebanyak 420 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat sudah menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap satu dari Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Bantuan BLT tahap satu disalurkan melalui bank BRI kepada 420 UMKM dari 460 yang diusulkan,” kata Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tanah Datar Darfizal di Batusangkar Minggu.

Bacaan Lainnya

Sementara untuk penyaluran BLT tahap dua Dinas Koperindag setempat kembali membuka pendaftaran dan sudah menerima 3.200 berkas untuk diinput ke kementerian hingga tenggang waktu 2 September 2020.

Untuk itu ia meminta kepada seluruh masyarakat pelaku usaha mikro agar bisa memanfaatkan bantuan ini dengan mendaftarkan diri ke dinas setempat.

“Bagi pelaku yang sudah mengirimkan berkas sudah kami entri ke kementrian. Karena berdasarkan surat kementrian kuota penerima BLT tahap dua hanya dibatasi 12 juta saja, kalau sudah cukup kuota aplikasi akan ditutup. Sesegera mungkin kita input,” katanya.

Kemudian dalam upaya pencegahan COVID-19 agar tidak terjadi keramaian saat penyerahan berkas di Dinas Koperindag pihaknya menyarankan pelaku usaha cukup memberikan berkas ke perangkat nagari masing-masing, dan pihak nagari akan mengantarkannya ke dinas.

“Kami sudah beritahukan ke nagari agar berkas yang dibawa ke dinas diberikan oleh pihak nagari atau jorong,” ujarnya.

Ia menyarankan pelaku usaha mesti melek teknologi sehingga jualan secara daring bisa menjadi alternatif pemasaran barang ditengah pandemi.

Leave your vote

Pos terkait