NewsRegulasi

Perubahan Nama Masjid Raya Sumbar, Mahyeldi Sebut Datangkan Sejumlah Peluang

×

Perubahan Nama Masjid Raya Sumbar, Mahyeldi Sebut Datangkan Sejumlah Peluang

Sebarkan artikel ini

Padang – Penambahan nama Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi tak hanya menjadi simbol penghormatan bagi ulama besar asal Minang, tapi juga membuka gerbang ‘berkah’ dan peluang baru bagi Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, mengungkapkan bahwa peresmian nama baru masjid ini, yang akan dilangsungkan pada 1 Muharram 1446 Hijriah (7 Juli 2024), akan dihadiri langsung oleh keluarga Syekh Al-Minangkabawi dari Arab Saudi.

“Momentum ini menjadi sarana sinergi potensi, baik di ranah Minang maupun di rantau,” ujar Mahyeldi saat meninjau persiapan acara di Masjid Raya Sumbar, Kamis (4/7/2024).

Lebih dari sekadar peresmian nama, momen ini juga membuka peluang kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk perguruan tinggi di Sumbar. Seminar yang digelar bersama keluarga Syekh Al-Minangkabawi diharapkan dapat membuka akses beasiswa bagi pelajar Sumbar di berbagai bidang, mulai dari S1 hingga S3.

“Informasi yang saya dapatkan selama kunjungan ke Arab Saudi beberapa bulan lalu, menunjukkan banyak peluang beasiswa di sana, baik untuk bidang syariat, sains, maupun bidang lainnya,” jelas Mahyeldi.

Berkah dan peluang ini tak berhenti di situ. Mahyeldi juga mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumbar untuk menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait di Arab Saudi.

“Kita harapkan OPD yang ada bisa melihat potensi-potensi itu. Lengkapi administrasinya, sinergikan, kemudian tuangkan dalam MoU dengan pihak-pihak terkait,” imbuhnya.

Kerjasama dengan Minang Diaspora, organisasi perantau Minang di seluruh dunia, juga tak luput dari perhatian Mahyeldi. “Kita juga perkuat dengan Minang Diaspora di Australia, Malaysia. Insha Allah, Juli ini kita bertemua dengan Minang Diaspora Malaysia. Kita harapkan dapat memberikan efek positif dalam banyak hal, baik itu pendidikan, pariwisata, kemudian investasi, serta (sektor) lainnya,” pungkas Mahyeldi.

Peresmian Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi menjadi tonggak sejarah baru bagi Sumatera Barat, menandakan dimulainya era baru yang penuh dengan ‘berkah’ dan peluang kerjasama di berbagai bidang.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Fadly Amran, bakal calon Walikota Padang, paparkan visi misinya di depan GRIB JAYA Sumbar. Ia mendapat dukungan penuh dari organisasi tersebut, termasuk rencana mengatasi tawuran remaja. Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan Padang yang lebih baik dan sejahtera.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.