Sambut Hari Kemerdekaan, Pertamina Hadirkan Semangat #EnergyofMinang

  • Whatsapp

Padang – Di tengah situasi pandemi, Hari Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia dirayakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ancaman COVID-19, tak memungkinkan kegiatan fisik yang melibatkan banyak orang.

Tak kehabisan akal, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menggaungkan HUT ke-75 RI dengan kampanye virtual bertajuk #EnergyofMinang. Kampanye ini mengkomunikasikan perubahan perilaku warga Minang yang beralih ke BBM dan elpiji berkualitas.

Baca Juga

“Menilik data konsumsi, kami melihat kini tengah terjadi perubahan kebiasaan baru masyarakat Sumbar. Yang dulu pakai Premium dan Bisolar, beralih ke Pertamax series dan Dex series. Konsumsi Bright Gas juga terus naik, menunjukkan kesadaran warga mampu untuk pakai elpiji non subsidi,” kata Roby Hervindo, Unit Manager Comm, Rel dan CSR Pertamina MOR I.

Konsumsi Pertamax dan Pertamax Turbo hingga Juli 2020 meningkat sebesar 29 persen dibanding periode sama tahun 2019. Kenaikan konsumsi didukung dengan peningkatan outlet Pertamax Turbo, dari 7 SPBU di tahun lalu menjadi 50 SPBU hingga Agustus ini, dan akan terus bertambah. Konsumsi Dex dan Dexlite, juga melonjak naik 80 persen untuk periode yang sama.

Sebaliknya konsumsi Premium di Sumbar hingga Juli 2020, mengalami penurunan sebanyak 49 persen bila dibandingkan dengan periode sama tahun 2019.

Di sisi elpiji, dalam kampanye daring bertajuk #EnergyofMinang disampaikan juga tren konsumsi elpiji non subsidi. Data menunjukkan konsumsi Bright Gas 12kg di Sumbar hingga Juli 2020 mengalami kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan periode sama tahun 2019. Untuk Bright Gas 5,5 kg pada periode yang sama juga mengalami kenaikan sebanyak 2 persen. Pertumbuhan konsumsi Bright Gas, didukung kehadiran 1.111 outlet di setiap nagari.

“Dengan meningkatnya animo masyarakat Sumbar akan produk non subsidi berkualitas. Menjadi tantangan bagi Pertamina dan Hiswana untuk melayani pelanggan dengan lebih baik,” ujar Wira.

Masih dalam rangkaian #EnergyofMinang, Pertamina Sales Area Retail Sumbar juga mengadakan talkshow daring pada Hari Senin 17 Agustus 2020.

yang mengedukasi keuntungan warga menggunakan Pertamax Turbo. Talkshow menghadirkan narasumber Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar Siti Aisyah, Ketua Padang Folding Bike Yose Rizal, Pemerhati Tata Ruang & Lingkungan Hidup & Dosen FTSP Universitas Bung Hatta Haryani, serta pegiat media sosial Ayu Wisya.

“Pertamax Turbo ini rancak untuk pengendara yang ingin mendapatkan bahan bakar maksimal yang meningkatkan kecepatan kendaraan. Warga Payakumbuh beralihlah ke Pertamax Turbo untuk mendapatkan kualitas BBM terbaik,” pesan Erwin.

Sementara Aisyah, mengungkapkan dalam talkshow bahwa Pertamax Turbo baik untuk lingkungan. “RON 98 yang dimiliki oleh Pertamax Turbo membuat emisi gas buang yang dihasilkan rendah. Sehingga bila masyarakat menggunakan BBM berkualitas seperti Pertamax Turbo, dapat mengurangi polusi udara,” jelas Aisyah.

“Kami terus melakukan edukasi, agar masyarakat Sumbar semakin paham mengenai fakta-fakta terkait BBM. Tidak mudah termakan hoax, seperti Premium lebih baik dari Pertalite. Setelah tercerahkan, kami serahkan pada masyarakat untuk memilih mana yang terbaik bavi mereka,” pungkasnya.

Leave your vote

BERITA TERKAIT