Tekan Angka Covid-19, HIPMI Padang Buat Bilik Ultraviolet

  • Whatsapp

Padang – BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Padang membuat Disinfection Chamber Ultra Violet Mobile atau bilik sinar ultraviolet.

Bilik ini  bermanfaat sebagai sinar ultraviolet atau sinar UVC yang diyakini bisa efektif mengurangi, kemudian menekan virus Covid-19 atau Corona maupun bakteri lainnya.

Bacaan Lainnya

HIPMI Padang tersebut bahu-membahu membuat bilik sinar ultraviolet tersebut.

Tujuannya untuk membantu semua pihak dalam pencegahan dan penularan Covid-19 di Padang dan umumnya di Sumbar.

Ketua BPC HIPMI Kota Padang Mohammad Roxas mengatakan, pembuatan bilik sinar UVC tersebut, tidak sekadar dibuat saja.

Gagasan dari beberapa rekan-rekan di HIPMI, terkait hal ini telah didiskusikan dengan tim kesehatan dan para dokter yang ahli di bidangnya.

Baik tim kesehatan dari daerah, seperti Rumah Sakit Unand dan RSUP M. Djamil Padang termasuk telah mendiskusikan dari beberapa ahli kesehatan lainnya, seperti UI dan UGM. Inovasi ini pun disambut secara positif.

Sebab, katanya, berdasarkan referensi, ternyata terbukti dapat menghentikan penularan sekaligus mencegah Covid-19.

“Di Wuhan, Cina menggunakan alat ini sebagai salah satu dalam penanganan dan melawan Covid-19. Sinar UVC ini dipergunakan di beberapa layanan umum dan perkantoran inti. Alhamdulillah, ternyata terbukti menjadi salah satu media dalam menekan penularan Covid-19. Kita lihat kondisi di Cina dan Amerika dan beberapa negara terdampak, sekarang sudah mulai kondusif karena menggunakan sinar UVC,” jelas Roxas, Sabtu 4 Maret 2020.

Roxas pun menerangkan cara kerja dari alat tersebut. Pertama, masuk ke dalam bilik sinar ultraviolet kesehatan tersebut selama tiga detik, maka sinar UVC akan menyinari tubuh dan melumpuhkan virus yang menempel di tubuh dan pakaian.

Ia pun mengingatkan, bahwa alat tersebut bukan lampu ultraviolet yang sering ditemukan di pasaran tapi khusus.

“Lampu UVC ini tidak seperti yang kita lihat atau dapatkan di pasaran, tetapi khusus dan kami telah pesan dari luar negeri, dan kita punya stok untuk kita buatkan bilik,” sebutnya.

Leave your vote

Pos terkait