EntertainmentLifestyle

Ingin Belanja Online? Yuk Perhatikan Beberapa Hal Ini!

×

Ingin Belanja Online? Yuk Perhatikan Beberapa Hal Ini!

Sebarkan artikel ini
belanja online. Foto: internet.

Karena kebiasaan baru kita di era Pandemi COVID-19 ini, membuat kita mempunyai hobi dan kebiasaan belanja online yang mempermudah kita. Bukan hanya sebuah tren, tetapi memang sudah keharusan dikarenakan harus selalu menjaga jarak.

Diketahui dari hasil survey perusahaan teknologi berbasis di AS pada Agustus 2012, 8 dari 10 orang Indonesia berbelanja online satu kali per bulan. Tak hanya itu, Bank Indonesia juga menyebutkan pertumbuhan untuk bidang belanja online mencapai 45.28 persen pada Februari lalu dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dengan kita ketahui segala kemudahan dan keuntungan, buka berarti kita harus menjadi buyer yang sembarangan dalam memutuskan barang atau jasa yang kita butuhkan.

Banyak penjual di e-commerce juga menyediakan barang yang asal dan abal-abal, tidak memenuhi aturan ataupun kategori lainnya, dan juga barang yang ala kadarnya saja.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan? Yuk simak beberapa hal penting yang bias jadi pertimbangan dalam dunia belanja online.

Keamanan

Kita sebagai buyer harus smart dalam memeriksa situs belanja yang aman. Jangan hanya tergiur dengan promosi dan diskon yang besar-besaran dari lapak yang menjual menjadikan kita terjebak dengan penjual yang tidak jelas rekam jejaknya. Situs belanja online harus kita lihat dari segi kepercayaan dan keamanan saat bertransaksi.

Keaslian Barang

Kualitas barang yang akan kita beli juga menjadi pertimbangan selanjutnya. Biasanya, situs belanja online yang mempunyai testimoni yang baik akan menjamin orisinil barang. Tak hanya testimoni, level reputasi dari lapak online tersebut juga masuk kedalam pertimbangan yang bisa dilihat dari label bronze hingga diamond.

Bertanggung Jawab

Sebagai buyer, kita harus mempunyai rasa tanggung jawab dengan barang yang akan dan sudah kita beli. Seperti contohnya, ada beberapa barang yang bisa dibeli dengan buyer yang diatas 21+ dan dibatasi pembeliannya. Untuk itu, bersikap jujur dan bijaklah dalam membeli hal yang kita butuhkan.

Itu dia beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu untuk membeli barang di platform online. Terakhir, pilihla situs belanja dan juga penjual yang aman, bertanggung jawab atas semua pesanan konsumennya, seperti lapak yang mempunyai logo atau label Mall, Official Store, ataupun Star Seller.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.