News

KemenpanRB Percepat Transformasi Digital

×

KemenpanRB Percepat Transformasi Digital

Sebarkan artikel ini
E-Wallet atau dompet digital. foto: internet

Jakarta – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memaparkan transformasi digital yang tengah dijalankan pemerintah Indonesia kepada delegasi Parlemen Thailand.

Salah satu program penting dalam transformasi digital tersebut adalah pemangkasan proses bisnis.

“Kita sedang membangun arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan membentuk tim koordinasi. Seluruh layanan akan kami integrasikan dalam satu portal,” jelas Azwar saat menerima delegasi di kantor KemenPANRB, Jakarta, Jumat (28/6/24).

Delegasi Parlemen Thailand, yang dipimpin Parit Wacharasindhu, Ketua Komite Tetap Pembangunan Politik, Komunikasi Massa, dan Partisipasi Masyarakat, datang untuk mempelajari pengalaman Indonesia dalam reformasi birokrasi, transformasi digital, serta pengelolaan Sumber Daya Manusia Aparatur.

Dalam riset di negara-negara maju, integrasi dan interoperabilitas layanan digital telah menjadi standar. Hal ini memudahkan masyarakat mengakses berbagai layanan pemerintah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Indonesia membentuk INA Digital sebagai Government Technology (GovTech). INA Digital bertanggung jawab menyatukan layanan digital pemerintah yang selama ini terpisah dalam ribuan aplikasi.

” layanan prioritas akan diintegrasikan melalui INA Digital dalam satu portal. Di antaranya layanan pendidikan, kesehatan, bantuan sosial, identitas digital, dan SIM online,” tutur Azwar.

Parit Wacharasindhu menilai Thailand dan Indonesia menghadapi tantangan serupa, yakni aplikasi pemerintah yang belum terintegrasi.

“Layanan yang terintegrasi dalam satu platform akan memudahkan masyarakat, meningkatkan efisiensi, dan menciptakan transparansi,” kata Parit.

Thailand juga tengah berupaya mengintegrasikan puluhan aplikasi pemerintah. Namun, mereka menghadapi tantangan seperti sistem yang sulit diintegrasikan dan ego sektoral instansi.

“Selain itu, masyarakat di negara berkembang perlu meningkatkan literasi digital untuk mengimbangi transformasi digital,” ujar Parit.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Fadly Amran, bakal calon Walikota Padang, paparkan visi misinya di depan GRIB JAYA Sumbar. Ia mendapat dukungan penuh dari organisasi tersebut, termasuk rencana mengatasi tawuran remaja. Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan Padang yang lebih baik dan sejahtera.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.