Lifestyle

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengatur Keuangan

×

Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Mengatur Keuangan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi kesalahan mengelola keuangan, foto: internet

Mengatur keuangan memang bukanlah hal yang mudah. Hal ini sering diungkapkan oleh orang-orang bahwa pengaturan keuangan merupakan lingkup yang sangat kompleks. Karena itu, banyak orang membuat kesalahan finansial yang berbeda-beda dan dengan tingkatan yang berbeda pula.

Kesalahan tersebut sering terjadi pada mereka yang baru saja mempunyai pendapatan rutin. Ketika Anda yang baru saja mendapatkan penghasilan rutin, mau tak mau Anda harus mengatur sedemikian rupa keuangan Anda.

Banyaknya rintangan yang dihadapi saat mengatur keuangan perlu kita lewati dengan berbagai cara yang apik. Untuk itu, perlunya pengetahuan dan perencanaan yang cukup agar Anda terhindar dari kesalahan yang fatal dalam mengatur keuangan.

Berikut ini 6 kesalahan dalam mengatur keuangan, tentunya harus Anda hindari.

1. Tak punya uang untuk dana darurat

Pendapatan yang kita hasilkan perbulanannya kadang memang cukup untuk mengisi kebutuhan saat itu juga. Tetapi, Anda bisa menyisihkan sedikit uang untuk dana darurat yang sewaktu-waktu akan menolong Anda juga.

Perlu disadari, tidak menutup kemungkinan suatu hal di luar prediksi bisa saja terjadi. Seperti hal nya, untuk keperluan darurat medis karena Anda atau keluarga Anda sakit.

Jangan sampai kita terlena dengan hal lainnya dan tidak menyisihkan uang untuk disimpan sebagai dana darurat. Untuk itu, mulailah dengan angka kecil terlebih dahulu.

2. Tidak mencatat pengeluaran

Tidak ada salahnya untuk mencatat uang yang sudah anda keluarkan. Untuk itu, Anda harus rajin melacak dan mencatat ke mana perginya uang Anda dan apa yang Anda beli tiap bulan.

Dengan Anda yang rajin mencatat pengeluaran, anggaran yang anda capai untuk menabung dana darurat akan terlaksanakan.

Jika Anda kesusahan untuk mencatat semuanya, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada. Seperti halnya mengunduh aplikasi pelacakan pengeluaran yang ada di Playstore maupun Appstore di iOs.

3. Meminjamkan uang ke teman dan keluarga

Bukannya tidak boleh untuk meminjamkan uang kepada orang yang sedang kesusahan. Tetapi ada baiknya kita mempertimbangkan diri sendiri terlebih dahulu.

Anda juga harus menghindari untuk meminjamkan uang dengan uang tabungan dan uang anggaran bulanan Anda.

4. Boros

Seperti peribahasa yang kita ketahui, “Hemat pangkal kaya, Boros pangkal miskin.” Hal ini memang harus kita tanamkan untuk mengelola keuangan dengan baik.

Kebiasaan yang kecil seperti membelanjakan uang Anda dengan membeli sebungkus rokok, makan malam mewah, atau nonton bioskop membuat hal ini berujung dengan keborosan. Untuk itu, mulailah dengan berhemat.

5. Tidak menyediakan dana untuk hiburan

Kesalahan ini memang sering dilakukan orang lain yaitu pelit dengan dana hiburan atau rekreasi. Hidup dengan sesuai anggaran memang bagus, tetapi memangkas bahkan tidak menyediakan uang untuk hiburan juga salah.

Anda juga berhak rileks dan menikmati hidup dengan menggunakan uang gaji Anda.

Pentingnya menyediakan dana tersendiri untuk hiburan dilakukan agar kita tidak menganggu uang tabungan yang utama.

6. Hidup dari hutang

Anda mungkin sudah terbiasa menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Tapi, meskipun banyak orang yang sanggup membeli barang secara langsung, ada kalanya mereka memilih menggunakan kartu kredit dengan dalih tagihan minim atau bunga 0 (nol) persen. Nah, jangan tiru kebiasaan yang seperti itu. Akan lebih baik jika Anda tidak memiliki hutang sepeser pun.

Itu dia kesalahan yang kadang membawa malapetaka untuk diri sendiri. Untuk itu, mulailah menghindari kesalahan dalam mengelola keuangan.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.