NewsPeristiwa

Masjid Raya Sumbar : Sosok Irwan dan Gamawan Dimata Mahyeldi

×

Masjid Raya Sumbar : Sosok Irwan dan Gamawan Dimata Mahyeldi

Sebarkan artikel ini

Padang – Masjid Raya Sumbar resmi berganti nama menjadi Masjid Raya Syekh Khatib Al-Minangkabawi Sumatera Barat (Sumbar) pada Minggu (7/7/2024).

Peresmian nama masjid ini bertepatan dengan peringatan 1 Muharram 1446 Hijriah dan dihadiri oleh 58 orang keturunan ulama besar asal Arab Saudi tersebut.

Peresmian ini menjadi momen bersejarah bagi Sumatera Barat, menandai pengabadian nama Syekh Khatib Al-Minangkabawi, ulama besar asal Minangkabau, sebagai nama masjid megah tersebut.

Mahyeldi Apresiasi Jasa Seniornya

Gubernur Sumbar Mahyeldi memanfaatkan momen peresmian ini untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para pendahulunya yang memiliki peran besar dalam pembangunan masjid.

Ia menyebutkan nama Gamawan Fauzi (Gubernur Sumbar 2005-2009) dan Irwan Prayitno (Gubernur Sumbar 2010-2021) sebagai sosok penting di balik berdirinya Masjid Raya Syekh Khatib Al-Minangkabawi.

“Sejarah panjang yang telah dilalui pembangunan Masjid Raya ini, mulai inisiasi dari pak Gamawan Fauzi, kemudian dilaksanakan pak Irwan Prayitno, dan hari ini kita resmikan nama Syekh Khatib Al-Minangkabawi,” kata Mahyeldi.

Mahyeldi menilai, kontribusi Gamawan dan Irwan dalam pembangunan masjid ini sangatlah besar. Ia pun berharap agar hal ini dapat menjadi contoh bagi generasi penerus untuk selalu bekerja sama dan menyelesaikan amanah yang diberikan.

Gamawan dan Irwan: Kolaborasi Membangun Masjid Raya

Gamawan Fauzi, yang menggagas pembangunan masjid ini pada tahun 2007, mengungkapkan rasa syukur atas selesainya pembangunan Masjid Raya Syekh Khatib Al-Minangkabawi. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antar pemimpin dalam menyelesaikan proyek besar seperti ini.

“Pembangunan itu tidak bisa dipenggal-penggal, pembangunan itu harus Sustainable. Kalau ada program pak Irwan terlantar, pak Mahyeldi melanjutkan, begitu seterusnya,” harap Gamawan.

Senada dengan Gamawan, Irwan Prayitno juga menyampaikan rasa bangganya atas selesainya pembangunan masjid ini. Ia mengatakan bahwa dirinya melanjutkan amanah pembangunan yang telah digagas oleh Gamawan dan menyelesaikannya dengan sebaik mungkin.

“Banyak ide dan gagasan dari pendahulu saya saat itu, dan Alhamdulillah semuanya saya tuntaskan. Tidak ada satupun yang tidak selesai, tinggal bermanfaat untuk masyarakat,” kata Irwan.

Peresmian Masjid Raya Syekh Khatib Al-Minangkabawi menjadi simbol kolaborasi dan semangat baru bagi Sumatera Barat. Masjid ini diharapkan tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjadi pusat edukasi dan pengembangan Islam di ranah Minang.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Fadly Amran, bakal calon Walikota Padang, paparkan visi misinya di depan GRIB JAYA Sumbar. Ia mendapat dukungan penuh dari organisasi tersebut, termasuk rencana mengatasi tawuran remaja. Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan Padang yang lebih baik dan sejahtera.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.