NewsRegulasi

Pemerintah Siapkan 20 Hektare Lahan Relokasi Korban Bencana di Sumbar

×

Pemerintah Siapkan 20 Hektare Lahan Relokasi Korban Bencana di Sumbar

Sebarkan artikel ini
58-rumah-warga-korban-bencana-di-tanah-datar-akan-di-relokasi
58 Rumah Warga Korban Bencana di Tanah Datar Akan di Relokasi

Tanah Datar – Sebagian area Balai Benih Induk (BBI) Ladang Lawas Rambatan milik Dinas Pertanian Sumatera Barat akan dijadikan sebagai lokasi relokasi korban bencana banjir bandang dan longsor di Tanah Datar.

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi meninjau lahan seluas 20 hektare tersebut pada Selasa (18/06/2024).

“Terdapat 58 rumah yang akan direlokasi, sementara 157 rumah lainnya akan dibangun di atas tanah milik warga,” ujar Gubernur saat peninjauan.

Gubernur menjelaskan, stok rumah bantuan permanen dari Kementerian PUPR telah tersedia. Namun, diperlukan kelengkapan administratif sebelum memulai pembangunan. Oleh karena itu, Gubernur meminta dinas terkait untuk mempercepat proses yang dibutuhkan.

“Relokasi membutuhkan perencanaan matang karena tidak hanya membangun rumah penduduk, tetapi juga fasilitas umum,” tambahnya.

Selain itu, lahan BBI tersebut memiliki sumber air yang memadai serta kawasan perladangan dan sawah yang akan dioptimalkan. Potensi ini akan dimanfaatkan untuk melibatkan peran serta petani milenial.

“Kami akan merekrut generasi milenial untuk menanam jagung dan padi dengan menyediakan bibit dan pupuk. Hal ini akan memaksimalkan penggunaan lahan dan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat,” jelas Gubernur.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Fadly Amran, bakal calon Walikota Padang, paparkan visi misinya di depan GRIB JAYA Sumbar. Ia mendapat dukungan penuh dari organisasi tersebut, termasuk rencana mengatasi tawuran remaja. Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan Padang yang lebih baik dan sejahtera.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.