Pemkab Pessel Lakukan Pembinaan Usaha Ekonomi Masyarakat Nagari Batu Hampar

  • Whatsapp

Pesisir Selatan — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah menetapkan Nagari Batu Hampar Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan sebagai Kampung Tangguh Nusantara Tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19.

“Kesiapan masyarakat Nagari Batu Hampar Selatan sebagai Kampung Tangguh Nusantara di Kabupaten Pesisir Selatan direspon oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan melakukan pembinaan terhadap berbagai usaha ekonomi masyarakat setempat,” kata Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pesisir Selatan, Jumat 7 Agustus 2020.

Baca Juga

Dikatakan, pembinaan yang dilakukan melalui perangkat daerah terkait itu bertujuan meningkatkan kemandirian usaha berskala rumah tangga, salah satunya usaha budidaya ikan lele dan nila yang dilakukan masyarakat setempat.

“Kini Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan secara intesif melakukan pembinaan terhadap masyarakat di nagari tersebut yang melakukan usaha budidaya ikan lele dan nila,” jelasnya.

Kepala Seksi Pembenihan dan Pembesaran Ikan pada Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan, Destalina Citra Dewi, S.Pi, M.Si, menjelaskan, usaha budidaya ikan seperti lele dan nila sangat disarankan untuk dilakukan oleh masyarakat.

“Ya, meskipun potensi ekonomi yang dihasilkan usaha budidaya ikan lele dan nila ini masih berskala kecil, namun cukup dapat membantu ketahanan ekonomi rumah tangga di tengah pandemi Covid 19,” katanya.

Sementara Asisten III Setdakab Pesisir Selatan, Hamdi mengatakan, pihaknya terus memantau kegiatan pembangunan Nagari Batu Hampar Selatan, terutama dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan.

“Nagari tangguh juga memerlukan peran masyarakat untuk turut berkontribusi meningkatkan ketahanan pangan di tengah Pandemi Covid 19. Kemudian masyarakat hendaknya selalu menjunjung tinggi gotong-royong dan kepedulian terhadap protokol kesehatan,” ucapnya.

Leave your vote

BERITA TERKAIT