KonsumenNews

Sidak Pasar Raya, Pemko Padang Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

×

Sidak Pasar Raya, Pemko Padang Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

Sebarkan artikel ini
Foto: Gatra

Padang – Pasar Raya Padang menjalani inspeksi mendadak dari Pemerintah Kota (Pemko) Padang pada Rabu, 12 April 2023. Dalam rangka menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 H, Dinas Perikanan dan Pangan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan, dan semua anggota terkait melakukan pengecekan ke lapak pedagang.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Perikanan dan Pangan Guswardi, setelah dilakukan pantauan, harga sejumlah kebutuhan pokok relatif stabil.

“Alhamdulillah, semua stok untuk lebaran nanti dipastikan aman, pula relatif stabil. Bahkan untuk harga cabai yang semulanya Rp30 ribu, sekarang jadi Rp28 ribu,” ujarnya.

Namun, Guswardi juga menjelaskan bahwa terdapat kenaikan harga pada dua kebutuhan pokok, yakni telur dan daging ayam. Telur dijual dengan harga Rp54 ribu dan diperkirakan akan mencapai harga Rp60 ribu saat lebaran nanti. Sedangkan daging ayam mengalami kenaikan dan penurunan dengan harga perkiraan di antara Rp25 ribu hingga Rp 28 ribu.

Meskipun demikian, harga daging sapi stabil di harga Rp150 ribu per kilogram, bawang Rp20 ribu, gula pasir Rp14 ribu, dan minyak goreng Rp18 ribu.

Guswardi juga menekankan bahwa ketersediaan minyak goreng, baik kemasan dan curah, masih dengan harga normal dan tersedia dengan cukup.

Kita diharapkan agar kebutuhan pokok tersebut tidak mengalami perubahan harga yang signifikan. Guswardi berharap harga cabai hanya akan mengalami kenaikan sebesar Rp2 ribu. Harga sayuran seperti wortel dan kol juga terbilang stabil dengan harga Rp8 ribu per kilogram.

Guswardi mengatakan kepada masyarakat Kota Padang untuk tidak panik karena stok kita aman dan harga relatif stabil. Kita harus menghadapi lebaran ini dengan tenang, senang, dan bahagia.

Sementara itu, kebutuhan pokok seperti cabai dan ikan dipastikan aman karena memasuki musim panen.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.