NewsPeristiwa

Trafik Tol Trans Sumatera Melonjak 37,54% Selama Arus Balik Nataru

×

Trafik Tol Trans Sumatera Melonjak 37,54% Selama Arus Balik Nataru

Sebarkan artikel ini
libur-nataru,-volume-kendaraan-melintas-di-tol-trans-sumatra-naik-50-persen
Libur Nataru, Volume Kendaraan Melintas di Tol Trans Sumatra Naik 50 Persen

Jakarta – Tol Trans Sumatera (JTTS) mengalami lonjakan trafik yang signifikan selama arus balik Nataru 2023/2024. Sebanyak 443.775 kendaraan keluar dari JTTS dari tanggal 26 hingga 30 Desember 2023, atau naik 37,54% dari volume lalu lintas normal.

Tjahjo Purnomo, Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), mengungkapkan bahwa angka tersebut merupakan akumulasi dari sembilan ruas tol yang beroperasi di Sumatera. “Atau lebih tinggi 37,54 persen dari volume normal,” ucapnya dalam keterangan resmi, Minggu (31/12/2023).

Dia merinci bahwa ruas tol dengan peningkatan trafik tertinggi adalah Tol Sigli – Banda Aceh dengan 69%, diikuti oleh Tol Bengkulu – Taba Penanjung dengan 67,98%, dan Tol Indrapura – Lima Puluh dengan 53,23%. Sementara itu, ruas tol dengan peningkatan trafik terendah adalah Tol Binjai – Kuala Bingai dengan 2,91%.

Selain itu, ada juga dua ruas tol fungsional tambahan yang dibuka selama arus balik Nataru, yaitu Tol Bangkinang – Tanjung Alai dan Tol Binjai – Langsa Seksi 3 (Kuala Bingai – Tanjung Pura). Kedua ruas tol tersebut melayani 7.868 dan 31.009 kendaraan yang melintas, masing-masing.

Tjahjo menambahkan bahwa Hutama Karya akan terus memantau perkembangan trafik di JTTS selama libur Nataru. Dia juga mengimbau pengguna jalan tol untuk mengecek kondisi kendaraan, tidak mengemudi dalam keadaan mengantuk, dan memastikan saldo kartu uang elektronik sebelum melakukan perjalanan.

“Menepi dan beristirahat apabila mengantuk, serta memastikan saldo kartu uang elektronik dalam kondisi baik dan tercukupi sebelum melakukan perjalanan,” tuturnya.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.

Industri

Kota Padang menunjukkan komitmennya terhadap investasi dengan mempermudah perizinan usaha. Tim Satgas khusus melayani investor, didukung layanan one stop service dan branding “Clean and Clear”. Investasi diharapkan meningkatkan perekonomian, menambah PAD, dan membuka lapangan kerja.