AgrobisnisNewsPeristiwa

3 Komoditas Ini adalah Sumbang Inflasi, Tapi Tak Disuka Petani

907
×

3 Komoditas Ini adalah Sumbang Inflasi, Tapi Tak Disuka Petani

Sebarkan artikel ini
3 Komoditas Hal ini adalah Sumbang Inflasi, Tapi Tak Disuka Petani

Jakarta – Sensus Pertanian 2023 Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, komoditas utama pertanian yang ditanam petani tak satupun berisi komoditas yang paling tinggi menyumbang pemuaian pada tahun ini.

Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, komoditas yang paling tinggi menyumbang naiknya harga tapi tak masuk top 10 komoditas pertanian yang ditanam petani adalah cabai merah, cabai rawit, juga bawang merah.

“Yang beri andil kenaikan harga terbesar adalah cabai merah, rawit, lalu bawang merah. Namun, ketiga komoditas ini tidak termasuk pada 10 komoditas yang tersebut paling berbagai diusahakan petani perorangan berdasarkan Sensus Pertanian 2023,” kata Amalia di pidato kuncinya dalam acara Diseminasi Hasil Sensus Pertanian 2023 di dalam Jakarta, Hari Senin (4/12/2023).

Wanita yang dimaksud akrab disapa Winny itu menjelaskan, dari level naiknya harga pada 2023 yang tersebut sebesar 0,38% secara bulanan (mtm) atau 2,86% secara tahunan (yoy), mayoritas disumbang oleh pemuaian cabai merah sebesar 0,16% mtm, cabai rawit 0,08% mtm, serta bawang merah 0,03% mtm.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.