Jasa KeuanganKonsumen

BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama dengan Bank Nagari dalam Pembiayaan SCF

363
×

BPJS Kesehatan Jalin Kerjasama dengan Bank Nagari dalam Pembiayaan SCF

Sebarkan artikel ini

BPJS Kesehatan bersama Bank Nagari Sumatera Barat mentandatangani kerjasama dalam program pembiayaan Supply Chain Financing (SCF). Kerjasama ini dilakukan untuk menjaga Cash Flow Rumah Sakit (RS), dan menjamin kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

SCF merupakan skema pembiayaan dengan menggunakan piutang RS sebagai kolateral. Ketika nilai tertentu dari klaim RS sudah diakui oleh BPJS Kesehatan namun belum dapat dibayarkan, maka piutang ini dapat dianjakkan oleh RS kepada pihak perbankan untuk mendapatkan cash in flow.

Dengan demikian, meskipun terjadi keterlambatan pembayaran klaim JKN-KIS oleh BPJS Kesehatan kepada RS, tidak mengganggu cash flow dan operasional RS secara keseluruhan.

Ruang lingkup Perjanjian Kerjasama ini meliputi pemberian konfirmasi dari pihak BPJS Kesehatan kepada Bank Nagari terkait nilai piutang klaim RS, serta pemberian data atas Invoice yang disepakati oleh Para Pihak untuk memperlancar pembiayaan pelayanan kesehatan Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ditawarkan oleh Bank Nagari kepada rumah sakit dengan tetap memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku.