Ini Profil Zulkifli Zaini, Orang Minang yang Ditunjuk Jadi Dirut PLN

  • Whatsapp

Jakarta – Menteri BUMN Erick Thohir melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada Senin 23 Desember 2019, dengan resmi menunjuk Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama PT PLN yang baru.

Zulkifli Zaini sendiri merupakan ‘Urang Awak’ atau Orang Minang yang lahir di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat pada 13 Januari 1956 silam.

Baca Juga

Pria yang berusia 63 tahun itu bukanlah orang baru di dunia perbankan. Sejumlah jabatan penting pun telah ia emban selama 20 tahun belakangan.

Zulkifli sendiri mengawali karir sebagai Staf Account Officer di Bank Pembangunan Indonesia atau Bapindo pada tahun 1988.

Kemudian, karirnya di Bapindo memuncak pada tahun 1998 dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Cabang Bapindo Jambi.

Kemudian, ia pun beralih ke Bank Mandiri, dan ditunjuk sebagai Senior Manager and Team Leader in Credit Risk Management, dilanjutkan hingga mencapai Vice President and Division Head Goverment Relationship Management Bank Mandiri.

Karirnya pun mulai bersinar, saat ia ditunjuk sebagai Direktur Teknologi dan Operasional pada Mei 2010.

Hanya beberapa bulan, tepatnya pada Juni 2010, ia kemudian ditunjuk sebagai Direktur Utama Bank Mandiri menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan RI hingga tahun 2013.

Pada tahun 2015, melalui persetujuan dari OJK via Uji Kelayakan dan Kepatutan, ia menjadi Komisaris Bank Negara Indonesia (BNI) melalui RUPS BNI pada 17 Maret 2015 hingga saat ini.

Zulkifli sendiri menerima gelar Insinyur dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1980. Kemudian, gelar MBA diperolehnya pada Universitas Washington pada tahun 1994.


Sumber : Wikipedia

BERITA TERKAIT