Intip Kebijakan Pemkab Pessel Tarik Para Investor Tanam Modal, Apa Saja ?

  • Whatsapp

Pesisir Selatan – Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan menghimbau kepada seluruh elemen, aparatur dan stakeholder yang ada di daerah itu agar menciptakan iklim yang kondusif.

Upaya itu harus dilakukan agar pemilik modal tidak enggan masuk ke daerah itu untuk mengembangkan usahanya sesuai potensi dan sumber daya yang dimiliki.

Baca Juga

Sebab Pesisir Selatan sekarang telah menjadi salah satu daerah kunjungan wisata favorit di Sumbar.

Demikian disampaikan Sekretaris daerah (Sekda) Pesisir Selatan, Erizon, Senin 14 September 2020. Terkait upaya yang dilakukan oleh daerah itu dalam memberikan prioritas yang tinggi terhadap pemilik modal yang berminat untuk berinvestasi.

“Saat ini Pesisir Selatan berkomitmen memberikan kemudahan kepada para pemilik modal. Baik dalam urusan birokrasi, kepastian hukum, serta jaminan keamanan. Termasuk juga dalam berurusan yang tidak berbelit. Semua itu bertujuan agar pemilik modal tidak memiliki keraguan dalam menanamkan modalnya di daerah ini,”  katanya.

Upaya itu dilakukan agar pengelolaan potensi sumber daya alam yang ada akan lebih maksimal. Peningkatan pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja pun juga akan terbuka.

“Dari itu peningkatan pelayanan perizinan dan penanaman modal juga perlu dilakukan. Tujuannya agar kesan  pelayanan birokrasi berbelit-belit tidak muncul dalam pikiran pemilik modal. Sebab bila itu muncul, bisa membuat pemilik modal menjadi enggan berinvestasi,” jelas Erizon.

Dia menambahkan bahwa daerah itu sekarang juga telah memiliki tim teknis yang terdiri dari unsur perangkat daerah terkait.

Tim teknis itu tugas pokoknya adalah memberikan penilaian layak atau tidaknya suatu perizinan usaha diberikan.

Termasuk juga pembentukan  satuan tugas khusus bidang penanaman modal, yang keanggotaannya terdiri dari perangkat daerah terkait, instansi vertikal dan lembaga sosial.

“Melalui keberadaan tim ini, maka setiap permasalahan yang muncul dalam hal  peningkatan investasi, dapat diselesaikan secara komprehensif,” harapnya.

Dia menambahkan bahwa daerah itu memang sangat kaya dengan berbagai potensi sumber daya alam. Sebut saja di bidang kelautan dan perikanan, dimana pada sektor itu potensi perikanannya lebih kurang 95.000 ton per tahun. Belum lagi sektor perkebunan, pertanian, pertambangan dan pariwisata.

“Semua potensi itu hanya bisa digarap secara maksimal melalui kehadiran investor,” tutupnya.

Leave your vote

BERITA TERKAIT