EnergiIndustriNewsRegulasi

Izin Tambang Freeport Diperpanjang hingga 2061

×

Izin Tambang Freeport Diperpanjang hingga 2061

Sebarkan artikel ini
Kontrak Diperpanjang, Freeport Bakal Terus Keruk Emas RI Hingga 2061

Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengumumkan bahwa izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia (PTFI) diperpanjang hingga tahun 2061.

“IUPK Freeport diperpanjang hingga tahun 2061 karena perusahaan ini memiliki cadangan mineral yang masih cukup besar,” kata Arifin dalam keterangan tertulisnya.

Sebelumnya, IUPK PTFI akan berakhir pada tahun 2041. Perpanjangan IUPK ini merupakan hasil kesepakatan antara pemerintah Indonesia dan PTFI.

Arifin juga menyampaikan bahwa kepemilikan saham mayoritas PTFI saat ini dikuasai oleh pemerintah Indonesia. Hal ini sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

“Pemerintah Indonesia memiliki 51% saham PTFI,” ujar Arifin.

Arifin menambahkan bahwa PTFI saat ini juga fokus dalam pertambangan bawah tanah. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi penambangan.

“PTFI sekarang fokus di pertambangan bawah tanah,” kata Arifin.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Warga Padang mengaspirasikan pemenuhan kebutuhan dasar yang murah dan gratis. FA-MN unggul dalam jajak pendapat sebagai calon yang dipercaya dapat mewujudkan aspirasi tersebut. FA-MN berkomitmen menggratiskan layanan kesehatan, sejalan dengan latar belakang keluarga pendidikan mereka.

News

Pemanasan politik Pilgub Sumbar semakin memanas dengan munculnya baliho Wagub Audy Joinaldy yang menyatakan kesiapannya sebagai Calon Gubernur Sumbar. Meskipun belum mengantongi SK rekomendasi partai, Audy disebut-sebut akan berpasangan dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska atau mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar.