Manfaatkan Pekarangan Rumah, Budidaya Lele dan Gurami Menjanjikan di Tengah Pandemi Covid19

  • Whatsapp

Agam – Warga Jorong II, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung memanfaatkan lahan di pekarangan rumahnya untuk membudidayakan ikan lele dan gurami di masa Pandemi Covid-19.

Budidaya ikan ini digelutinya semenjak beberapa bulan yang lalu, dengan membuat 3 kolam berukuran masing-masing 2,5×1,5 meter.

dua kolam diisi dengan 1000 ekor bibit ikan lele dan satu kolamya lagi diisi dengan bibit ikan gurami sebanyak 100 ekor, Ujar Yosi pada Jumat, 25 September 2020.

Yossi mengaku, awalnya budidaya ikan ini hanya sekedar mengisi waktu saat berada di rumah, karena ia merupakan pegawai honorer di salah satu Sekolah Dasar (SD) yang ada di daerah itu.

“Alhamdulillah, kini lele sudah bisa dipanen karena ukuranya rata-rata 7-8 ekor sekilo. Tapi untuk ikan gurami kini ukuranya baru satu telapak tangan,” ujarnya dengan semangat sambil menunjukkan telapak tangannya.

Lebih lanjut Yossi menjelaskan, niat awalnya, hanya sekedar untuk konsumsi keluarga saja. Namun melihat ikan yang dihasilkan sekarang, dirinya juga ingin menjualnya kepada masyarakat, agar bisa menopang perekonomiannya.

“Alhamdulillah, lele yang di kolam lebih banyak hasilnya. Bisa dijual untuk menambah biaya hidup sehari-hari,” tambah ibu dua anak tersebut.

Melihat hasil yang menjanjikan, Yossi berencana akan menambah kolam terpal untuk fokus budidaya lele.

Leave your vote

Pos terkait