Masih Sering Gagal? Yuk, Ikuti Tips Menabung Untuk Pemula

  • Whatsapp

Memiliki tabungan yang banyak saat hari tua menjadi impian setiap orang. Tentunya Bisnispeople juga punya impian yang sama kan? Namun, masih banyak diantara kita yang selalu gagal untuk menabung secara rutin. Kenapa ya? Yup, Mungkin ini terjadi karena bisnispeople memiliki pengeluaran yang banyak dan berakibat menabung hanya khayalan saja. Atau selalu dikalahkan dengan nafsu untuk berbelanja?

Nah, kalau bisnispeople benar benar ingin menabung, begini lho cara yang paling ampuh yang wajib dicoba!

Bacaan Lainnya

1.Harus Tahu dengan kebutuhan wajib bulanan

Buat orang-orang kantoran yang memiliki pendapatan bulanan pastinya sudah hafal dengan kebutuhan pokoknya. Begitu pun dengan pelajar yang mendapatan pendapatan bulanan dari orang tuanya. Dengan hal ini, memudahkan kita untuk bisa mengatur jumlah pengeluaran dan tabungan.

Banyak rincian hitungan yang bisa dipakai, namun semua itu juga tergantung kepada pribadi masing-masing. Misalnya, hitungan 4-3-2-1 dimana mereka yang memakai 40% pendapatan mereka untuk keperluan bulanan, 30% untuk tabungan dan dana darurat, 20% untuk hiburan dan 10% untuk kegiatan amal. Dan masih banyak model hitungan lain yang pastinya bisa kita terapkan

2.Buatlah target

Seperti pembahasan nomor satu, kita sudah tahu pendapatan yang diterima akan digunakan untuk apa saja, termasuk jumlah tabungan. Mulailah membuat target tabungan yang ingin kita capai di setiap bulannya. Idealnya, kamu lebih baik menyisihkan 10 persen penghasilan untuk ditabung. Tapi gak ada salahnya kamu memilih menargetkan lebih dari 10 persen tersebut.

3.Buatlah catatan dana

Catatan dana ini sangat membantu bisnispeople loh untuk menentukan prioritas pengeluaran dan pemasukan. Melalui catatan dana ini, kita bisa mengevaluasi diri dan menghentikan yang namanya pemborosan.

4.Carilah tempat penyimpanan uang

Agar menabung jadi lebih semangat, kita bisa menggunakan celengan berbentuk karakter favorit. Biasanya dengan karakter favorit yang di pilih, membuat kita lebih sering memperhatikan dan mengisi celengan tersebut

Atau buat bisnispeople yang sudah menjadi mahasiswa atau pegawai kantoran, bisa juga memilih perbankan yang rasanya cocok dan nyaman untuk menabung. Kriteria cocok dan nyaman masing-masing pribadi pastinya berbeda dong.  Ada yang nyaman karena lokasinya di dekat rumah atau ada yang cocok karena fitur dari perbankan yang lengkap.

5.Ternyata menabung bisa menjadi games yang seru !

Siapa bilang menabung itu rumit, sekarang menabung bisa dijadikan games lho. Cara bermainnya kita harus menantang diri sendiri untuk terus menabung dengan nominal yang lebih besar setiap harinya. Dijamin seru.

6.Disiplin dan Komitmen

Dengan kesadaran pentingnya menabung untuk hari tua nanti, timbulkan rasa disiplin dan komitmen pada diri sendiri. Walaupun hal itu belum dirasakan untuk masa sekarang, percayalah, jika kita disiplin dan komitmen untuk terus menabung, dampaknya akan bisa dirasakan di masa yang akan datang

Nah itu dia tips menabung untuk pemula yang dijamin ampuh. Bisnispeople sudah berani coba kan?

 

Writer : Utari Khairunnissa

Leave your vote

Pos terkait