NewsRegulasi

RPJP Sumbar 2025-2045, HM Nurnas Tekankan Kolaborasi antar Daerah

×

RPJP Sumbar 2025-2045, HM Nurnas Tekankan Kolaborasi antar Daerah

Sebarkan artikel ini

Padang – Koordinasi dengan pemerintah pusat menunjukkan bahwa Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJP) Sumatera Barat memiliki kesamaan dengan Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) di masa lalu.

“RPJP menetapkan 6 visi, 8 misi, 17 kebijakan, dan 45 indikator,” ujar Anggota DPRD Sumbar HM Murnas, Sabtu (6/7/2024).

Dari 45 indikator tersebut, 36 ditetapkan oleh pemerintah pusat dan 9 merupakan kearifan lokal. Dua indikator utama yang menjadi fokus adalah peningkatan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan pengurangan kemiskinan.

“Mencapai visi Sumatera Barat menuju Indonesia Emas 2045 menjadi tantangan karena banyak kendala, seperti sulitnya mencari investor akibat persoalan tanah dan perizinan,” jelas Murnas.

Selain itu, kucuran dana pusat yang minim juga menjadi penghambat. Murnas menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara provinsi, kota, dan kabupaten untuk mewujudkan RPJP.

“Tidak boleh ada ego sektoral. Semua elemen harus memiliki visi yang sama untuk mencapai Indonesia Emas,” tegas Murnas.

RPJP tersebut harus selesai dibahas sebelum Pilkada 2024. “Jika tidak dibahas, Pilkada di Sumbar tidak akan bisa digelar. Ini akan menjadikan Sumatera Barat sebagai satu-satunya daerah yang tidak mengikuti Pilkada serentak,” imbuh Murnas.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Fadly Amran, bakal calon Walikota Padang, paparkan visi misinya di depan GRIB JAYA Sumbar. Ia mendapat dukungan penuh dari organisasi tersebut, termasuk rencana mengatasi tawuran remaja. Kolaborasi ini diharapkan dapat mewujudkan Padang yang lebih baik dan sejahtera.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.