Usaha Pengolahan Ubi Jalar Menjadi “Opak” Makin Berkembang

  • Whatsapp

Painan – Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat bertekad mengembangkan usaha pengelolaan ubi jalar yang telah lama digeluti masyarakat di nagari setempat.

“Pengelolaan ubi jalar di Rawang Gunung Malelo memang sudah lama digeluti masyarakat dan dalam waktu dekat kami akan membantu pengembangannya,” kata Wali Nagari Rawang Gunung Malelo, Aprizal di Painan, Rabu 12 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan ubi jalar oleh masyarakat di nagari tersebut di olah menjadi “opak” atau olahan kerupuk metah dan selanjutnya dipasarkan di beberapa pasar tradisional tidak hanya di kecamatan setempat namun juga di beberapa kecamatan terdekat.

“Pengelolaannya masih manual sehingga waktu yang dihabiskan untuk produksinya lebih lama, kedepan kami mengupayakan pengelolaanya menggunakan teknologi mesin,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Bamus Rawang Gunung Malelo, Pransisko Redi mengungkapkan bahwa usaha pengelolaan ubi kayu menjadi opak cukup potensial dikembangkan mengingat luasnya lahan perkebunan ubi kayu di daerah setempat.

Leave your vote

Pos terkait