NewsRegulasi

Wako Hendri Septa Targetkan WTP ke-10 untuk LKPD 2023

×

Wako Hendri Septa Targetkan WTP ke-10 untuk LKPD 2023

Sebarkan artikel ini
hendri-septa-serahkan-lkpd-pemko-padang-ta-2023-ke-bpk-ri-perwakilan-sumbar
Hendri Septa Serahkan LKPD Pemko Padang TA 2023 ke BPK-RI Perwakilan Sumbar

Padang – Wali Kota Padang Hendri Septa menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota Padang tahun anggaran (TA) 2023 kepada BPK-RI Perwakilan Sumbar.

Penyerahan LKPD ini dilakukan kepada Kepala BPK-RI Perwakilan Sumbar, Arif Agus, di Gedung BPK-RI Perwakilan Sumbar, Selasa (6/2/2024). Sebelum penyerahan, kedua belah pihak menandatangani berita acara penyerahan.

Hendri Septa menyebutkan, LKPD yang diserahkan kali ini terdiri dari 7 poin, yaitu:

  • Laporan realisasi anggaran
  • Laporan perubahan saldo anggaran lebih
  • Neraca keuangan
  • Laporan operasional
  • Laporan arus kas
  • Laporan perubahan ekuitas
  • Catatan atas laporan keuangan

Dokumen selanjutnya berisikan hasil ‘review’ LKPD oleh Inspektorat, pernyataan tanggung jawab kepala daerah atas LKPD, laporan keuangan BUMD TA 2023, serta Laporan Ikhtisar Realisasi Kinerja Pemko Padang TA 2023.

“Kita berharap laporan keuangan yang kita sampaikan, nantinya akan memberikan hasil pemeriksaan yang terbaik dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sebelumnya kita telah meraih WTP sebanyak 10 kali, dan 9 kalinya berturut-turut,” harap Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala BPK-RI Perwakilan Sumbar, Arif Agus, mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Padang merupakan pemerintah daerah pertama di Sumatera Barat yang menyerahkan LKPD 2023.

“Ini juga catatan sejarah bagi kami, selain yang pertama atas penyerahan LKPD 2023 ini, ini juga pertama kalinya Pemko Padang menjadi yang paling awal menyerahkan LKPDnya sepanjang pemerintahan kota ini ada,” ungkapnya.

Arif Agus menambahkan, pihaknya akan segera melaksanakan pemeriksaan terinci atas LKPD tersebut. Ia pun berharap Pemko Padang yang telah mendapatkan opini WTP atas LKPD TA 2022 lalu dapat kembali mempertahankannya untuk LKPD TA 2023.

Pada kesempatan ini, Hendri Septa didampingi Sekda Andree Algamar, Asisten Administrasi Umum Corri Saidan, Inspektur Arfian, Kepala BPKAD Raju Minropa dan Kepala Bapenda Yosefriawan.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Deklarasi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Mahyeldi-Vasco, ditunda jelang pendaftaran ke KPU. Keputusan ini diambil agar Mahyeldi dan Audy Joinaldy dapat fokus menjalankan roda pemerintahan.

Industri

Kota Padang menunjukkan komitmennya terhadap investasi dengan mempermudah perizinan usaha. Tim Satgas khusus melayani investor, didukung layanan one stop service dan branding “Clean and Clear”. Investasi diharapkan meningkatkan perekonomian, menambah PAD, dan membuka lapangan kerja.