Jasa KeuanganPerbankan

Bank Nagari Klaim Pimpin Pangsa Pasar Perbankan Sumbar

×

Bank Nagari Klaim Pimpin Pangsa Pasar Perbankan Sumbar

Sebarkan artikel ini

PadangDirektur Utama Bank Nagari Gusti Chandra menyatakan bahwa Bank Nagari mempertahankan posisi teratas dalam menguasai pasar perbankan di Sumatera Barat.

Hal ini terlihat dari pertumbuhan pembiayaan dan pangsa pasar pada semester pertama 2024.

“Pangsa pasar Bank Nagari dalam aset gabungan mencapai 39,23 persen pada April 2024, naik dari 38,88 persen pada akhir 2023,” kata Gusti dalam ekspose kinerja semester pertama 2024 pada 5 Juli 2024.

Sementara untuk pembiayaan, pangsa Bank Nagari tercatat sebesar 33,85 persen pada April 2024, tumbuh 7,85 persen secara tahunan.

Di sektor Unit Usaha Syariah (UUS), pertumbuhan pangsa pasar Bank Nagari juga signifikan, yaitu sebesar 24,53 persen secara tahunan, lebih tinggi dari pertumbuhan perbankan Sumbar sebesar 16,63 persen.

“Pertumbuhan UUS mengindikasikan bahwa UMKM di Sumatera Barat masih bergantung pada Bank Nagari,” ujar Gusti.

Dalam hal pengelolaan dana pihak ketiga, pangsa pasar Bank Nagari di sektor UUS mencapai 41,77 persen pada April 2024, tumbuh 18,02 persen secara tahunan.

“Kami optimistis dapat meningkatkan pangsa pasar pada semester kedua 2024,” kata Gusti.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

Jasa Keuangan

Bencana alam di Sumatera Barat berdampak pada kinerja Bank Nagari, menyebabkan terganggunya aktivitas ekonomi, penurunan kualitas debitur, dan kendala pengembalian angsuran. Bank Nagari menerapkan sejumlah strategi untuk meminimalisir dampak, termasuk pemberian KUR selektif dan restrukturisasi debitur non-KUR.