KonsumenNews

BI Sumbar Umumkan Nilai UMP 2024

×

BI Sumbar Umumkan Nilai UMP 2024

Sebarkan artikel ini
Mesjid Raya Sumbar. Foto: Internet

SUMBARBISNIS – Bank Indonesia mengumumkan nilai UMP 2024 Provinsi Sumatra Barat yang ditetapkan Pemerintah setempat sebesar Rp2.811.449, naik 2,52% dari UMP 2023.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumbar, Endang Kurnia Saputra, menyatakan bahwa UMP 2024 tidak hanya dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi tetapi juga faktor inflasi di daerah. Dia menyoroti retensi pengusaha yang berupaya menghemat biaya, terutama dalam menghadapi Pilpres 2024.

Meskipun pertumbuhan ekonomi Sumbar melambat pada 2023 akibat penurunan ekspor, Bank Indonesia optimis kenaikan UMP 2024, meski tipis, akan meningkatkan daya beli dan konsumsi masyarakat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi, berharap kenaikan UMP tersebut dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat, meskipun nilai kenaikannya relatif kecil.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar, Nizam Ul Muluk, menjelaskan bahwa penetapan UMP 2024 didasarkan pada tiga variabel: pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, dan koefisien alpha, yang sangat memengaruhi besaran upah dan penyerapan tenaga kerja.

Rumusan penghitungan UMP 2024 juga mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

News

Warga Padang mengaspirasikan pemenuhan kebutuhan dasar yang murah dan gratis. FA-MN unggul dalam jajak pendapat sebagai calon yang dipercaya dapat mewujudkan aspirasi tersebut. FA-MN berkomitmen menggratiskan layanan kesehatan, sejalan dengan latar belakang keluarga pendidikan mereka.

News

Pemanasan politik Pilgub Sumbar semakin memanas dengan munculnya baliho Wagub Audy Joinaldy yang menyatakan kesiapannya sebagai Calon Gubernur Sumbar. Meskipun belum mengantongi SK rekomendasi partai, Audy disebut-sebut akan berpasangan dengan Bupati Dharmasraya Sutan Riska atau mantan Wali Kota Padang Fauzi Bahar.