Shopee ‘Depak’ Pedagang Uang Pecahan Rp 75 ribu dengan Harga Selangit dari Lapak

  • Whatsapp

Jakarta — Shopee, market place e-commerce, menendang produk dan toko online shop yang menjual uang baru Rp75 ribu seharga jutaan rupiah.

“Saat ini, kami telah memastikan semua produk terkait dan toko yang menjual uang tunai Rp75 ribu dengan harga tidak sesuai dari aplikasi Shopee sudah diturunkan,” ujar Public Relations Lead Shopee Indonesia Aditya Maulana Noverdi, Selasa 18 Agustus 2020.

Bacaan Lainnya

Hal ini, kata Aditya, dilakukan guna menjaga kenyamanan dan keamanan semua pengguna Shopee.

“Sesuai dengan regulasi yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI), secara resmi uang tunai ini hanya dapat diakses melalui BI, Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, serta CIMB Niaga setelah melakukan pemesanan online melalui aplikasi dan atau situs resmi BI.

Sebelumnya, berdasarkan pantauan redaksi, pelapak Poker Walet yang berlokasi di Jakarta Utara diketahui menjual uang baru peringatan kemerdekaan 75 tahun RI seharga Rp8.880.000 per lembar.

Sementara, pelapak lain, Celestial77 membanderol uang teranyar BI tersebut dengan harga Rp1.375.000 per lembar.

“Hanya ada satu. Siapa cepat dia dapat, barang langka,” ungkap penjual yang terdaftar di Surabaya.

Tak hanya di lapak daring, forum numismatik juga ikut menjual uang pecahan Rp75 ribu senilai Rp250 ribu per lembar.

“Harga pasaran di kolektor sendiri, tadi ada teman numismatik yang jual Rp250 ribu satu lembar,” kata Aliung, kolektor uang kuno asal Solo.

Meskipun harganya naik lebih dari tiga kali lipat, uang tersebut tetap laku dijual. Menurut dia, sang pembeli terburu-buru ingin memiliki uang edisi khusus tersebut.

Maklum saja, BI hanya membatasi satu NIK untuk sekali penukaran. Selain itu, penukaran hanya bisa dilakukan pada Kantor Pusat (KP) BI dan 45 Kantor Perwakilan BI Dalam Negeri (KPwDN).

“Mungkin, pembelinya terburu-buru untuk beli, ingin segera punya. Jadi, dia berani keluarin harga lebih,” imbuhnya.

Leave your vote

Pos terkait