IndustriTransportasi

Libur Nataru, Pelindo Siapkan 63 Terminal Penumpang

×

Libur Nataru, Pelindo Siapkan 63 Terminal Penumpang

Sebarkan artikel ini
pelindo-pastikan-kesiapan-63-terminal-penumpang-sambut-nataru
Pelindo Pastikan Kesiapan 63 Terminal Penumpang Sambut Nataru

Jakarta – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo siap melayani 1,9 juta penumpang mudik Natal dan Tahun Baru 2023/2024 di 63 terminal penumpang dan roro yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono mengatakan, pada tahun 2022, Pelindo melayani lebih dari 1,6 juta penumpang yang menggunakan moda angkutan laut untuk mudik Nataru. Jumlah tersebut diprediksi akan mengalami lonjakan hingga 1,9 juta penumpang di tahun ini.

“Untuk mengantisipasi prediksi meningkatnya jumlah penumpang, Pelindo melakukan penyiapan fasilitas, penambahan petugas operasional internal dan pengamanan dari TNI/Polri, peningkatan pemeriksaan barang bawaan penumpang dan sosialisasi semua tarif pelayanan di terminal penumpang kepada publik,” kata Arif dalam siaran resmi Pelindo, Jumat (8/12/2023).

Selain itu, Pelindo juga telah selesai melakukan renovasi perbaikan Terminal Penumpang Waingapu, Samarinda, Makassar dan Parepare sehingga dapat melayani penumpang lebih banyak dengan fasilitas yang lebih baik.

Untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat dan lancar selama periode mudik Nataru, Pelindo menyediakan fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang termasuk tenda untuk ruang tunggu tambahan jika terjadi lonjakan jumlah penumpang, mushola, ruang laktasi, alat pemeriksa suhu tubuh, call center, penambahan counter check-in hingga penambahan personil keamanan.

“Sebagai komitmen kami dalam memberikan pelayanan 24/7, para pejabat dan pekerja operasional pelabuhan tidak mengambil cuti ataupun meninggalkan tempat kerja, begitupun dengan pekerja back office yang melakukan piket selama periode Nataru,” tutup Arif.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

Industri

Penjualan mobil di Indonesia turun 21% pada Mei 2024. Gaikindo merevisi target penjualan dan mengusulkan solusi jangka pendek dan panjang untuk mengatasi jebakan pasar mobil domestik 1 juta unit

Industri

Kota Padang menunjukkan komitmennya terhadap investasi dengan mempermudah perizinan usaha. Tim Satgas khusus melayani investor, didukung layanan one stop service dan branding “Clean and Clear”. Investasi diharapkan meningkatkan perekonomian, menambah PAD, dan membuka lapangan kerja.