Agrobisnis

PENAS Tani XVI, Pertemuan Nasional untuk Kuatkan Ketahanan Pangan Nasional

617
×

PENAS Tani XVI, Pertemuan Nasional untuk Kuatkan Ketahanan Pangan Nasional

Sebarkan artikel ini
Foto: Internet

SUMBARBISNIS – Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XVI tengah dilangsungkan di Padang, Sumatera Barat. Acara ini merupakan kesempatan bagi petani dan nelayan dari seluruh Indonesia untuk saling bertemu dan berbagi ilmu.

Kementerian Pertanian RI melalui acara ini juga ingin mendorong setiap Kabupaten/Kota di Indonesia untuk menggarap 1.000 Hektare lahan guna memperkuat ketahanan pangan nasional.

Menurut Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, sektor pangan adalah sektor yang sangat strategis karena berkaitan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat. Pangan juga memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja dan menguatkan perekonomian Indonesia.

“Melalui Penas ini, petani, nelayan, dan pihak terkait lainnya dapat mengevaluasi dan mengkonsolidasikan upaya untuk meningkatkan produksi dan ketahanan pangan, terutama di Indonesia dalam menghadapi ancaman El Nino,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari Penas Tani XVI tahun 2023, telah tercapai beberapa kesepakatan, di antaranya adalah memperkuat posisi pangan lokal sebagai manifestasi kemandirian pangan nasional. Selain itu, menetapkan Provinsi Gorontalo sebagai tuan rumah Penas Tani XVII.

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.