Peran Kelembagaan Pemerintahan Nagari, Masyarakat Dan Ekonomi Harus Diperkuat !

  • Whatsapp

Pesisir Selatan – Peran kelembagaan pemerintahan nagari, masyarakat dan kelembagaan ekonomi harus diperkuat dan dijadikan skala prioritas.

Sedangkan terkait dengan penguatan peran pendampingan dan fasilitasi difokuskan pada penerapan teknologi dan inovasi pembangunan, membangun kemitraan dan kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kita akan selalu berkoordinasi dengan perangkat daerah terkait dan stakeholder lainnya dalam memacu pembangunan nagari kedepan,” ujar Wendi Senindi pada Senin, 7 Desember 2020 Painan.

Sementara itu menururutnya, pembangunan nagari dan kawasan perdesaan dimulai dari perencanaan dan penganggaran. Kemudian berlanjut pelaksanaan dan pengendalian pembangunan, pengembangan potensi dan produk unggulan nagari dan kawasan perdesaan.

Ia menjelaskan, perencanaan dan penganggaran pembangunan nagari, pembangunan kawasan perdesaan dan pembangunan prioritas sektoral lainnya adalah satu kesatuan yang tidak dipisahkan dalam upaya untuk mendukung pembangunan nagari, pertumbuhan ekonomi skala nagari, kawasan dan daerah.

“Dalam hal ini, seluruh perangkat daerah terkait mesti saling berkoordinasi, sehingga pembangunan nagari dan kawasan perdesaan dapat dilakukan secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ucapnya.

Disebutkan lebih lanjut, pemerintah nagari diharapkan bisa melakukan terobosan baik dari sisi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan maupun pelayanan masyarakat.

  • Whatsapp

Pos terkait