KPU Agam Sediakan Bilik Suara Khusus Pemilih Bersuhu Tinggi !

  • Whatsapp

Lubuk Basung – KPU Kabupaten Agam menyediakan bilik suara khusus di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pilkada serentak, yang akan digelar 9 Desember 2020.

Koordinator Teknis KPU Agam, Zainal Abadi mengatakan, bilik suara itu nanti akan dimanfaatkan bagi pemilih yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat celcius, dalam upaya antisipasi penularan Covid-19.

“Setiap TPS kita sediakan satu unit bilik suara khusus, yang ditempatkan di luar TPS,” ujarnya pada Senin, 7 Desember 2020.
Ia menambahkan, sebelum memasuki TPS seluruh pemilih akan diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas.

Apabila suhu tubuh pemilih tinggi, maka mereka melakukan pencoblosan di bilik suara khusus yang telah disediakan itu, setelah mengisi daftar hadir.

“Mereka tidak dibolehkan masuk ke lokasi TPS untuk mengantisipasi penularan Covid-19,” tegasnya.

Disamping itu, KPU Agam juga melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan RSUD Lubuk Basung, untuk mendata pasien yang dirawat dan menjalani isolasi akibat terkonfirmasi Covid-19.

Bahkan KPU menyediakan TPS keliling bagi pemilih yang sakit, supaya mereka tetap bisa memberikan hak suaranya saat Pilkada nanti.

Sebelum penghitungan suara, petugas akan mendatangi pemilih ke rumahnya yang didampingi pangawas TPS, saksi pasangan calon dan lainnya.

“Tapi sebelumnya pemilih itu harus melaporkan kondisinya ke KPPS,” katanya.

  • Whatsapp

Pos terkait