EnergiIndustri

Vale Indonesia Dukung Bisnis Berkelanjutan dengan Nature Based Solution

×

Vale Indonesia Dukung Bisnis Berkelanjutan dengan Nature Based Solution

Sebarkan artikel ini
Foto : Internet

Jakarta – Di tengah isu perubahan iklim yang kian mendesak, industri tambang mulai beralih ke solusi ramah lingkungan. Salah satu upayanya adalah dengan menerapkan Nature Based Solution (NBS).

Vale Indonesia, sebagai salah satu perusahaan tambang terkemuka, menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan dengan menjadikan NBS sebagai bagian integral dari operasionalnya.

“Vale Indonesia mengedepankan keberlanjutan dalam menjalankan bisnis, dengan tujuan mentransformasi mineral untuk kemakmuran bersama,” ujar Direktur Strategic & Corporate Affair Vale Indonesia, Budiawansyah.

Lebih lanjut, Budiawansyah menjelaskan bahwa NBS menjadi solusi tepat untuk menjaga keseimbangan antara kegiatan pertambangan dan kelestarian lingkungan. “Nature based solution sudah jadi DNA kami,” tegasnya.

Dalam praktiknya, Vale Indonesia menerapkan NBS di berbagai tahapan operasi, mulai dari pra-tambang hingga pasca-tambang. Hal ini termasuk inventarisir flora dan fauna, memastikan operasi sesuai standar, dan merumuskan rencana pasca-tambang yang berkelanjutan.

Salah satu contoh nyata penerapan NBS oleh Vale Indonesia adalah program padi organik di Kabupaten Luwu Timur. Program ini tidak hanya memberdayakan masyarakat lokal, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan.

“Kita tidak hanya memberikan bantuan, tapi juga memberdayakan masyarakat untuk membangun ekonomi lokal yang berkelanjutan,” jelas Budiawansyah.

Keberhasilan program padi organik di Luwu Timur telah menginspirasi wilayah lain di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah untuk mengadopsi program serupa.

Sesditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Netty Widayati, menjelaskan bahwa NBS tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat.

“Nature based solution itu berbasis alam dan melibatkan masyarakat. Tentunya masyarakat juga memperoleh manfaat. Manfaatnya terkait ekonomi karena di situ ada pemberdayaan. Dan dengan pelibatan masyarakat, tentunya mendorong masyarakat menjadi lebih aware untuk menjaga lingkungan,”ujar Netty dikutip dari detiknews.com

Baca Sumbar Bisnis lebih update via Google News, Klik Disini.

Industri

Penjualan mobil di Indonesia turun 21% pada Mei 2024. Gaikindo merevisi target penjualan dan mengusulkan solusi jangka pendek dan panjang untuk mengatasi jebakan pasar mobil domestik 1 juta unit

Industri

Kota Padang menunjukkan komitmennya terhadap investasi dengan mempermudah perizinan usaha. Tim Satgas khusus melayani investor, didukung layanan one stop service dan branding “Clean and Clear”. Investasi diharapkan meningkatkan perekonomian, menambah PAD, dan membuka lapangan kerja.