Jauh Dari Sampah, Masyarakat GoRo Disekitar Objek Wisata Sungai Pinang

  • Whatsapp

Tarusan — Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto XI Tarusan merupakan salah satu nagari yang masuk dalam Kawasan Wisata Bahari Terpadu (KWBT) Mandeh. Setiap harinya banyak wisatawan lokal atau mancanegara berkunjung ke nagari ini sebab daerah ini memiliki potensi pantai yang sangat indah dan asri.

Untuk itu pemerintahan nagari Sungai Pinang bersama dengan masyarakat dan pemuda nagari melaksanakan gotong royong membersihkan pantai dari sampah yang ada disepanjang pantai baik itu sampah plastik atau sampah dedaunan yang jatuh dari pohon yang tumbuh disepanjang pantai pada Jumat 7 Agustus 2020.

Dengan membawa alat kebersihan berupa sapu, cangkul, golok. Tanpa ada komando langsung mereka langsung membersihkan sampah. Tujuan dari kegiatan ini agar pinggiran pantai selalu bersih dan indah untuk dipandang apalagi setiap harinya banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung kekawasan ini. Nagari Sungai Pinang memang terkenal dengan keindahan pantainya, bahkan pulau Pagang, Pulau Pemutusan berada dekat dari nagari ini.

Walinagari Sungai Pinang, Azli mengungkapkan sebagai nagari yang masuk dalam Kawasan Mandeh maka keindahan pantai harus dipertahankan apalagi Kenagarian Sungai Pinang banyak dikunjungi oleh wisatawan Mancanegara.

“Kegiatan bersih/bersih pantai dilakukan Hari Jumat bersama pemuda dan masyarakat dan mereka sangat antusias membersihkan pinggiran pantai karena mereka mulai sadar kalau keindahan pantai harus dipertahankan untuk perkembangan pariwisata,” ujarnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini kedepannya akan terus menjadi kegiatan rutin pemerintah nagari, pemuda dan masyarakat guna meningkatkan kesadaran masyarakat. Terutama kelompok pemuda yang baru saja dipilih kepengurusan.

“Kedepannya kita akan menjadikan program Jumat Bersih sebagai agenda rutin bersama dengan kelompok pemuda. Dan kesadaran masyarakat menjadi tinggi untuk menjaga kebersihan,” ujarnya.

Leave your vote

BERITA TERKAIT